Darkah Ya Ahlal Madinah

Makna Tawasul Dalam Kalimat Darkah Ya Ahlal Madinah

دركاۃ يا أهل المدينۃ

Bagi yang sudah familiar dengan majlis taklim yang berpaham aswaja terutama yang diampu oleh para Alawiyyin keturunan Nabi Muhammad Saw (Habaib), tentu tak asing dengan logo di atas. Namun ternyata tidak semua paham apa maksud dari lambang tersebut, berikut ini penjelasan sederhana dari lambang tersebut.

Huruf ‘ح’ di tengah dengan ukuran yg cukup besar, kemudian di atasnya bertuliskan “Darkaah Ya Ahlal Madinah”, di bawahnya bertuliskan “Ya Tarim Wa Ahlaha”, di samping kanannya bertuliskan lafzhul jalalah yg berbunyi يا فتاح  “Ya Fattah” dan di samping kirinya يا رزاق  “Ya Rozzaaq

Di atas huruf ‘ha’ bertuliskan angka 1030 dan di tengah huruf ‘ha’ bertuliskan angka 110.

Mengenai gambar seperti itu dan yang semacamnya maka hal itu merupakan tabarruk dan tawassul kepada hal yang mulia. Sedangkan gambar di atas sendiri adalah tabarruk dan tawassul kepada al Imam Habib Abdullah bin Alwi al Haddad, seorang Wali Quthb yang sangat masyhur, cucu Rasulullah SAW dari Sayyidina Husain bin Al Imam Ali bin Abi Thalib, suami Sayyidah Fatimah Az Zahra binti Rasulullah.

Beliau adalah penyusun Ratib al Haddad, Wirdullathif yang banyak diamalkan oleh muslimin di berbagai penjuru dunia, juga kitab Risalatul Mu’awanah, Nashoihud Diniyah, dll.

Darkah ya ahlal madinah” maksudnya adalah bertawassul pada shohibul Madinah yaitu Rasulullah SAW. “Yaa Tarim wa ahlaha” adalah tawassul kepada para shalihin dan lebih dari 10 ribu wali yang dimakamkan di pemakaman Zanbal, Fureidh, dan Bakdar, yang pada pekuburan Zanbal itu.

Juga terdapat Ashabul Badar utusan Sayyidina Abu Bakar Asshiddiq r.a. yang wafat di sana. “110” melambangkan marga Ibn Syeikh Abubakar bin salim Fakhrul Wujud (dzuriyyah Rasulullah SAW). “1030” melambangkan marga Al Habsyi (dzuriyyah Rasulullah SAW).

Sesuai faham ahlussunnah wal jam’ah, azimat (Ruqyat) dengan huruf Arab merupakan hal yang diperbolehkan, selama itu tidak menduakan Allah SWT. Wallahu A'lam Bis Showab. (senyapena).


BACA JUGA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama